Pengaruh Kopi Instan Terhadap Kesehatan?

Kopi telah menjadi minuman yang mendukung gaya hidup masyarakat modern. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, kopi juga bisa menjadi teman mengobrol saat berada di kafe, warung, atau di rumah. Hanya saja, kebanyakan orang kini memilih untuk mengkonsumsi kopi instan yang lebih praktis namun memiliki rasa yang tak kalah nikmat jika dibandingkan dengan kopi yang dibuat oleh barista. Begitu nikmatnya, kita bisa membuat kopi instan ini dua atau tiga kali dalam sehari.

Pakar kesehatan dr. Mulyani Anny Suryani Gultop, SpPD dari Siloam Hospital menyebutkan bahwa kopi instan ini memiliki kandungan gula cukup tinggi. Di setiap sachetnya, sudah ada kandungan gula sebanyak satu sendok makan. Jika kita mengkonsumsinya dua atau tiga sachet dalam sehari, maka konsumsi gula harian kita tentu sangatlah berlebihan.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyarankan kita untuk membatasi asupan gula sebanyak dua sendok makan setiap hari. Yang menjadi masalah adalah, kita seringkali tidak menyadari seberapa banyak kita mengkonsumsi gula dalam sehari. Sebagai contoh, kita tentu tidak tahu seberapa banyak gula di dalam kue atau biskuit yang kita konsumsi. Selain itu, kita juga tidak tahu jika di dalam kopi instan yang kita buat juga memiliki kandungan gula sehingga banyak orang yang masih menambahkan gula pada kopi tersebut. Dilansir dari DokterSehat.com

Artikel lainnya: Bahaya Makan Gorengan Sambil Minum Kopi 

Efek Merugikan Kopi Instan Bagi Tubuh

Beberapa pakar kesehatan mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi instan memiliki dampak yang berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah bahaya yang mengancam kesehatan apabila anda rutin mengonsumsi kopi instan.

1. Meningkatkan risiko hipertensi

Konsumsi kopi instan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Sebab, kandungan krimer nabati dalam segelas kopi tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh, sehingga membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Memicu kanker

Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti bahwa kopi instan dapat menyebabkan penyakit kanker, ada satu kandungan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan kanker, yakni gula dan minyak nabati. Jika kedua kandungan tersebut digabungkan menjadi satu dan dicampur dengan bahan kimia tertentu, maka dapat memicu timbulnya kanker.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Penyakit ini tak dapat dihindari bila Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi instan. Memang kopi instan memiliki kafein yang Anda butuhkan, namun kopi yang terkandung di dalamnya hanyalah perasa kopi, bukan biji kopi asli.

Kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Jika terpaksa mengonsumsi kopi instan, sebaiknya diimbangi dengan konsumsi air putih lebih banyak.

4. Meningkatkan kolesterol jahat

Efek samping dari minum kopi instan setiap hari salah satunya adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan oleh krimer yang terkandung di dalam kopi instan. Kandungan krimer membuat kolesterol tubuh susah dicerna, sehingga membuat kandungan kolesterol menumpuk dan semakin tinggi.

5. Memicu penyakit jantung

Kandungan kafein dalam kopi instan adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh yang terlalu tinggi. Klikdokter.com

Share :